EXTERIOR
Door Trim untuk bagian depan memiliki desain yang sama persis dengan versi lamanya, hanya sekarang menggunakan paduan warna two tone antara beige dicampur dengan black.. sayangnya, kita tidak memiliki satupun cup holder di door trim ANGL ini, padahal dari segi material sudah baik dan terdapat lapisan fabric di door trimnya, tidak seperti rivalnya yang menggunakan door trim full plastik
Kita juga mendapatkan 2 buah cup holder didepan, dan praktis cup holder didepan hanya 2 ini, karena tidak terdapat cup holder lain selain ini.. dan inipun sudah beralih fungsi untuk menaruh koin, jadi kalau saya mau menaruh botol harus taruh dibawah kursi atau di cup holder belakang..
Berikut adalah posisi kursi baris kedua yang dilipat untuk akses baris ketiga.. melipatnya cukup mudah, cukup tarik tuas yang didekat headrest lalu dorong kedepan... istilahnya one touch tumble versi nissan..
Pada blower AC belakang, kita jg mendapatkan cup holder tersembunyi yang baru muncul jika ditarik.. cukup efektif untuk membuat minuman tetap dingin selama perjalanan..
desain depan mobil ini berubah cukup banyak dari versi lamanya, dapat kita lihat dari bentuk headlamp, grille, serta tarikan garis bemper yang terlihat lebih berotot. oya, foglamp dan DRL stripe yang ada di foto di atas adalah tambahan, karena untuk tipe SV aslinya belum ada foglampnya..
Headlamp kini didesain lebih lebar, dan memiliki tarikan garis seperti segitiga yang sangat menarik jika diberi DRL.. mungkin akan mirip seperti nissan qashqai terbaru jika headlampnya diberi DRL..
grillenya didesain lebih ciamik, cuma memang belum menggunakan bahasa desain terbaru dari nissan seperti yang telah mereka terapkan pada all new xtrail..
dari samping mobil ini sama persis dari versi lamanya, hanya berbeda velg dan spion saja.. untuk handle chrome, talang air, dan pelindung pintu (yang item kecil deket handle saya tidak tahu namanya apa) itu adalah aksesoris yang saya tambahkan sendiri, aslinya handle tipe SV masih berwarna hitam, sedangkan perbedaannya dengan tipe XV adalah handle sewarna body untuk XV dan tidak adanya side body moulding untuk tipe SV ini.
Velg yang digunakan memiliki desain yang baru, berukuran 15 inci dibalut dengan ban dunlop SP Sport 300 berukuran 185/65/R15.. untuk varian X-Gear dan HWS Autech kita akan mendapatkan velg dengan desain yang berbeda serta ukuran yang lebih besar, yakni 16 inci
Spion model baru ini menurut saya cukup baik dibanding yang lama, karena ukuran yang lebih besar sehingga mengurangi blind spot untuk pengemudi
Sayangnya, saya menemukan detail pengerjaan yang kurang baik antara pintu kiri depan dengan fender depan, letaknya tepatnya dibawah spion kiri depan, fender sudah penyok sedikit kedalam dan saya cukup kaget ketika melihatnya pertama kali.. untung nissan bersedia membetulkan gratis tetapi mobil harus ditinggal selama 2 hari di nissan body repair, jadi saya masih mikir" kalo mau masukin mobil saya kesitu..
Desain bagian belakang all new grand livina ini masih mirip dengan yang lama, hanya berubah di model bumper, lampu, serta bentuk kaca yang kini tidak melengkung seperti versi lamanya..
Bentuk lampu baru grand livina ini menurut saya cukup aneh, dibanding yang lama menurut saya masih lebih ciamik yang lama.. cuma kalau untuk sekedar membuat tampangnya lebih fresh saya ras sudah cukup lumayan..
Desain reflektor baru cukup baik, dan sensor parkir serta handle chrome saya ingatkan ini adalah peranti optional, karena tipe SV standarnya tidak memiliki sensor parkir serta handle chrome
Untuk tipe SV, kita tidak mendapatkan defogger untuk kaca belakang
Emblem pure drive disini menjelaskan teknologi mesin baru yang dimiliki oleh All New Nissan Grand Livina ini, kalau emblem Pure Drive tanpa tulisan Xtronic CVT berarti ini adalah GL bertransmisi manual, sedangkan jika bertuliskan Xtronic CVT berarti dia memiliki transmisi CVT. Untuk tipe XV kita jg akan mendapatkan emblem 1.5 XV diatas emblem Pure Drive, tetapi untuk tipe SV kita tidak akan mendapatkan emblem apapun diatas emblem Pure Drive
INTERIOR
Berikut adalah gambar kursi pengemudi dari ANGL ini.. kursi pengemudi tidak dibekali pengaturan height adjuster, tetapi karena posisi mengemudi yang seperti sedan masih cukup reliable walaupun tidak memiliki pengaturan Height adjuster.. kursi aslinya dibalut dengan material fabric berwarna coklat terang (beige), tetapi saya lapis ulang menggunakan bahan sintetis berwarna hitam agar tidak cepat kotor
Door Trim untuk bagian depan memiliki desain yang sama persis dengan versi lamanya, hanya sekarang menggunakan paduan warna two tone antara beige dicampur dengan black.. sayangnya, kita tidak memiliki satupun cup holder di door trim ANGL ini, padahal dari segi material sudah baik dan terdapat lapisan fabric di door trimnya, tidak seperti rivalnya yang menggunakan door trim full plastik
Untuk desain interior sendiri masih sama persis dengan pendahulunya, hanya sekarang model setir dirubah menggunakan kepunyaan nissan serena C26 yang cukup mewah serta perpaduan warna baru yang membuatnya tampil lebih fresh. oya, di ANGL dari tipe terendah sudah mendapatkan dual airbags, walaupun untuk tipe SV belum mendapatkan ABS dan EBD..
Untuk audio, kita mendapatkan model yang sama persis untuk tipe SV dan XV, yakni single din JVC dengan fitur USB, AUX, MP3, dan untungnya, masih terdapat slot CD di audio ini. perbedaannya ada di kualitas suara, untuk tipe XV, kita mendapatkan 4 speaker, sedangkan untuk tipe SV, kita hanya mendapatkan 2 speaker.. suara yang dihasilkan pun cukup menyedihkan untuk saya, makanya jika ada rejeki lebih, saya ingin merombak seluruh system audionya..
Untuk AC, kita mendapatkan pengaturan cukup lengkap, hanya untuk tipe SV ini kita kehilangan defogger belakang, tetapi untuk defogger depan memang seluruh line up ANGL di Indonesia tidak memilikinya.. kita jg mendapatkan sebuah upper air vent yang membuat AC terasa sangat dingin jika kita berkendara sendiri atau berdua.. karena upper air vent tersebut dirancang supaya bisa menyemburkan angin hingga ke baris ketiga, meskipun menurut saya baris ketiga tetap terasa panas apalagi jika cuaca sedang sangat terik
Kita juga mendapatkan 2 buah cup holder didepan, dan praktis cup holder didepan hanya 2 ini, karena tidak terdapat cup holder lain selain ini.. dan inipun sudah beralih fungsi untuk menaruh koin, jadi kalau saya mau menaruh botol harus taruh dibawah kursi atau di cup holder belakang..
Untuk konsol tengah kita mendapatkan slot kecil didekat tuas parking brake yang biasanya saya gunakan untuk menaruh handphone, dan dibelanag tuas parking brake itu bukanlah console box, tetapi adalah blower untuk penumpang belakang, dan jangan harap bisa dijadikan armrest, karena posisinya yang sangat rendah sehingga sulit dijangkau
Speedometer ANGL didesain baru, menggunakan model mirip seperti optitronnya speedometer toyota, dan sekarang kita mendapatkan sebuah MID kecil ditengah..
Glove box ANGL ini cukup luas, masih sama persis dengan pendahulunya..
Kursi baris kedua pada gambar diatas di set pada posisi paling maju dan paling mundur, dapat dilihat jangkauan slidingnya yang sangat lebar, sehinggan lebih fleksibel.. kursi yang digunakan pun cukup nyaman, masih jauh lebih empuk jika dibandingkan dengan kursi chevrolet spin tentunya..
Door Trim bagian belakang jika selama ini banyak pengurangan material pada mobil" lain, pada ANGL ini tetap menggunakan paduan warna yang sama serta kualitas yang sama persis dengan bagian depannya.. hanya bedanya storage pda door trim belakang ini jauh lebih kecil jika dibandingkan bagian depannya
ANGL ini pun sudah menggunakan karet balon, sehingga lebih kedap dan tentunya pintu tidak bunyi ngaleng jika ditutup seperti salah satu rivalnya
Dan gambar berikut adalah posisi jika kursi tengah ingin dilipat rata lantai.. hanya headrest yang perlu dilepas dahulu supaya bisa rata lantai
Dan ANGL pun memiliki armrest untuk kursi belakang untuk semua tipe, dan yang bisa menyainginya hanya suzuki ertiga.. tetapi yang memiliki cup holder di armrest hanyalah ANGL..
Kita jg mendapatkan roof monitor untuk semua tipe ANGL, serta lampu kabin standarnya sudah berwarna putih, sehingga lebih menimbulkan kesan modern di ANGL ini
Berikut adalah warna asli jok ANGL ini...
Kursi baris ketiga ANGL tidak memiliki headrest, dan legroom untuk saya yang bertinggi 174 cm cukup sempit seperti MPV pada umumnya.. tetapi untuk anak" sangat layak kursi baris ketiga ini..
Dan jika kita tidak ingin menggunakannya, kursi tersebut pun dapat dilipat rata lantai sehingga menambah kapasitas bagasi menjadi jauh lebih luas..
Kita jg mendapatkan sebuah under tray storage pada ANGL ini.. dapat digunakan untuk menyimpan dongkrak serta kotak P3K.. box biru diatas berisi klakson asli ANGL ini karena klaksonnya sudah saya ganti memakain klakson truk hehe..
Ban serep yang digunakan bertipe full size, dan velgnya pun sama persis dengan keempat ban lainnya.. untuk mendapat akses ke ban serep, kita harus melepas under tray storagenya dulu baru dapat mengakses ban serepnya..
Sayangnya, saya menemukan beberapa hal yang cukup mengganggu, seperti besi pada kursi baris ketiga yang berkarat, memang tidak mempengaruhi kekuatan kursi, tetapi tetap saja terlihat bahwa kualitas nissan sudah tidak sebaik dulu
Walaupun begitu, kini ANGL memiliki seatbelt diseluruh baris kursinya, walaupun untuk tipe SV hand rail untuk baris ketiga dihilangkan
ENGINE and SAFETY
Untuk masalah keamanan, ANGL SV dilengkapi dengan dual airbags, seatbelt with pretensioner and load limiter, side impact beam, tetapi sistem ABS dan EBD untuk rem dihilangkan untuk menekan cost produksi.. walaupun begitu fitur keamanannya sudah cukup lengkap jika dibandingkan dengan pendahulunya yang sama sekali tidak memiliki airbag.. oya, untuk ANGL kini semua tipenya menggunakan immobilizer key + alarm system, jadi lebih aman kalau ditinggal parkir di luar rumah atau dijalan
Untuk mesin, nissan masih mempercayakan mesin HR15DE untuk menjadi jantung mekanis ANGL ini, hanya saja di ANGL kini menggunakan sistem direct injection seperti juke dan evalia yang telah lebih dulu menggunakannya, dan sistem tersebut membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Untuk transmisi, kini nissan menyematkan teknologi Xtronic CVT menggantikan transmisi otomasis konvensional 4-speed yang terdapat di pendahulunya.. meskipun untuk mesin MR18DE nissan masih menggunakan otomatis 4-speed sebagai transmisinya.. transmisi CVT ini memang membuat akselerasi ANGL melambat dari sebelumnya, tetapi konsumsi bahan bakarnya menjadi jauh lebih hemat daripada sebelumnya..
DRIVING IMPRESSION
Karena ANGL saya bertransmisi manual, mungkin perbedaannya tidak terlalu berasa seperti pada transmisi CVT, tetapi saya merasakan bahwa tarikan bawahnya menjadi sedikit lebih kuat dari sebelumnya, dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit walaupun perbedaannya sangat sedikit.. soal handling masih sama persis seperti sebelumnya, terasa agak limbung saat menikung di kecepatan tinggi tetapi sangat nyaman untuk penumpang belakang.. yang menjadi masalah adalah remnya, untuk varian SV yang belum memiliki ABS, jika kita hanya menginjak rem sedikit, mobil tidak akan berhenti sama sekali, kita harus menginjak rem dalam sekali baru mobil berhenti.. jadinya seperti mobil tua saja.. tetapi berbeda dengan tipe XV yang memiliki sistem ABS, pengereman terasa sangat enak, injak sedikit langsung berhenti.. ini jadi PR buat nissan untuk lebih memperbaiki sistem pengereman tipe SV yang belum memiliki ABS.. karena saya sudah membandingkan dengan rem suzuki ertiga GL yang sama" belum memiliki ABS, rem di suzuki ertiga masih terasa enak dan jauh lebih pakem dibanding ANGL.. hallo nissan??
OPINION
Jadi, kesimpulannya adalah, ANGL terbaru ini sangat layak untuk dimiliki, dengan segala kelebihan yang ia miliki dibanding rival-rival sekelasnya.. memang cup holder yang sangat sedikit bisa menjadi masalah tersendiri, tetapi bagi anda yang mencari MPV yang memiliki keseimbangan antara kenyamanan serta keiritan konsumsi bahan bakar, ANGL adalah pilihan yang tepat untuk anda
KELEBIHAN:
- Kursi baris ketiga dan kedua bisa dilipat rata lantai
- Kualitas material dasbor yang baik
- irit BBM
- transmisi CVT sangat halus
- kenyamanan yang menyerupai sedan
KEKURANGAN:
- Kualitas pengerjaan yang terkena virus "mobilitus"
- Tidak adanya ABS di tipe SV
- Model interior yang sudah termakan usia
- Tidak ada double blower (ada tapi sebatas untuk mendinginkan minuman saja)
Maaf kalau masih banyak kesalahan, maklum baru pertama kali mereview mobil, jadi masih banyak kesalahannya.. sekali lagi maaf
BalasHapusTengkyu brother, kalo sudah upgrade audionya di share ya karena jadi masukan juga buat saya pemakai SV A/T 2013
BalasHapusReviuwnya sgt baik. Thanks sdh menshare utk tambahan penjelasan ttg ANGL terbaru..
BalasHapusTrimakasih atas informasinya
BalasHapusCars Repair Manuals
spertinya ada yang perlu dipastikan.
BalasHapussebab saya pernah croscek ke Nissan bahwa tipe selain HWS, belum immobilizer. cmiiw
thanks
Bang Timothy... kalo boleh tau, berapa ukuran speaker pintu depan dan pintu tengahnya? Terimakasih sebelumnya
BalasHapusKeren
BalasHapusOm mau tanya.. Itu bohlam lampu utama depan tipe apa ya?? Mau ganti standar.. Sebelumnya pakai H1
BalasHapusSelamat pagi maaf para suhu mau tanya untuk gr livina sv 2015 sudah ada imbilizer apa belum terimakasih soal nya saya baru punya beli secon
BalasHapusAh mntaaap..aku udh Lama make Nissan Grand Livina.. Ogah mau pindah k merk lainx. Krn udh gonta ganti merk lain sblumx yg tdk senyaman Grand Livina.. Thanks for supporting our Livina.
BalasHapus